About Me

header ads

Pengertian, Jenis dan bahan - bahan maket (ARSITEKTUR)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Maket itu ibaratnya sebuah ujung tombak dalam presentasi desain yang kita buat.  Juga sebagai pemukau daya tarik konsumen terhadap sebuah proyek/produk yang ditawarkan agen property.

APA ITU MAKET???

Secara Etimologi (Bahasa) maket berarti tiruan / model  3d sebuah obyek baik itu bangunan, kapal, Gedung, dll dengan skala yang relative lebih kecil dari obyek aslinya

Sementara secara pemahaman bidang Arsitektur, maket bisa diartikan model atau tiruan dari desain bangunan yang berfungsi untuk memudahkan orang awam atau konsumen dalam mengenali konsep atau bentukan dari desain yang telah dibuat.


Dapat disimpulkan bahwa maket merupakan sebuah miniatur yang berbentuk 3 dimensi yang memiliki skala serta bermaksud untuk memberikan suatu gambaran atau ide dari sebuah bangunan yang hendak dibuat. Sebuah maket digunakan sebagai bentuk representasi dari keadaaan sebenarnya menuju keadaan yang akan diciptakan.

 
Note: maket" yang dijadikan contoh murni buatan saya


JENIS-JENIS MAKET ANTARA LAIN :
    1. Maket arsitektur

      Jenis maket ini biasa digunakan sebagai representasi bentuk 3Dimensi dari desain yang telah kita rancang, baik itu rumah tinggal, gedung bertingkat, kantor, dan bahkan, perumahan. Maket arsitektur juga bisa digunakan sebagai tambahan nilai jual dari produk yang biasa dijual oleh agen-agen property.
    2. Maket mekanikal

      Jenis maket ini biasa digunakan untuk menunjukkan detail dari sistem mekanikal yang terdapat pada sebuah bangunan, guna untuk mempermudah pekerja dibidang mekanikal dalam melakukan pekerjaannya.
    3. Maket struktural

      Jenis maket ini biasanya menunjukkan struktur dari sebuah bangunan, baik dari bentuk kolom, balok, hingga penyusunan-penyusunan sambungannya.
    4. Maket simulasi

      Adalah jenis maket yang digunakan untuk menggambarkan simulasi suatu keadaan, seperti simulasi perjalanan, simulasi kendaraan yang berlalu lintas, dll.
    5. Maket diorama

      Diorama maket, bisanya digunakan untuk menggambarkan suatu lingkungan atau adegan, maket jenis ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pendidikan, seperti menceritakan sejarah atau suatu bencana alam. Diorama sendiri berasal dari perancis pada tahun 1823. Orang pertama yang menciptakan diorama adalah Daguerre dan Charles Marie Bouton. Diorama pertama dipamerkan di London pada 29 September 1823.
Yah intinya tetap sama maket itu adalah sebuah miniatur berbentuk 3Dimensi yang memiliki skala tertentu dan berfungsi untuk menggambarkan suatu hal, baik itu sebuah bangunan ataupun sebuah keadaan (gambaran suatu peristiwa). Bahan yang digunakan maket bisa apa saja yang penting tampilannya bisa tercapai persis seperti yang digambarkan aslinya.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat maket, (bahan – bahan ini opsional tidak harus semuanya ada) :

Bahan-bahan maket
  1. Kertas Padi / Karton coklat tebal
  2. Kertas ivory tipis
  3. Kertas ivory tebal
  4. PVC Board
  5. Origami
  6. Busa empuk mudah terurai
  7. Busa Hati
  8. Kayu Balsa
  9. Kertas Kingstruk
  10. Kertas Duplex
  11. Triplex / Multiplex
  12. Serat Kayu (untuk rumput)

Alat-alat untuk membuat maket :
  1. Cutter dan isi cutter
  2. Cutting Mat
  3. Penggaris besi 10 cm, 20 cm, 100 cm.
  4. Lem kayu, Lem Korea, Lem tembak
  5. Tang biasa dan tang potong
  6. Suplemen (untuk begadang hehe)
  7. Gergaji untuk pemotong multiplek (kadang bisa pake cutter kalua multiplexnya lembut)
  8. Gunting
  9. Pinset
  10. Kuas kecil dan besar.

Untuk miniatur – miniatur pemanis seperti mobil, orang – orangan, pohon dll, bisa dibuat sendiri dengan bahan diatas, atau membelinya ditoko khusus maket yang menyediakan bahan-bahan tersebut, namun jika didaerahmu tidak terdapat toko tersebut, kamu bisa memesannya lewat online.




Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar