About Me

header ads

Software yang wajib dikuasai oleh calon Arsitek

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Seperti yang kita ketahui dizaman sekarang, keterampilan dalam menggunakan sebuah software sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, dan seorang Arsitek pun tidak terkecuali, disamping jika seorang arsiteknya memiliki skill menggambar dengan pensil dan kertas yang juga menjadi nilai tambah baginya, seorang arsitek atau calon arsitek juga sebaiknya harus menguasai beberapa software penunjang pekerjaan mereka, dan software-software itulah yang akan kita urai kali ini. 

1.Autocad


Autocad, merupakan sebuah software ciptaan dari Autodesk, software ini merupakan salah satu software yang cukup terkenal dikalangan anak teknik ataupun anak smk yang memiliki jurusan gambar bangunan, atau profesi terkait lainnya, dalam software ini sendiri terdapat berbagai perintah yang sering dipakai antara lain, Line, Rectangle, Circle, dsb.

Autocad sendiri terbit pada tahun 1982, autocad juga merupakan produk andalan dari Autodesk, Autocad berasal dari program yang disebut Interaction, yang dituis dengan bahasa berpemilik (SPL) oleh Riddle Michael sang penemu.

Pada awalnya autocad hanya bekerja pada computer mainframe atau minicomputer, namun sejak Autocad 2007 diluncurkan, Autocad menambah kelengkapan system mereka dengan menambahkan set lengkap pemodelan solid dasar dan peralatan 3D, dan pada tahun – tahun berikutnya Autocad semakin menabah kelengkapan dan memperbaiki kesalahan – kesalahan pada softwarenya.


Starting up


Drawing




 2.SketchUp







SketchUp merupakan program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth.

Selain sketchup sebenernya masih ad program pemodelan 3D lainnya contohnya kayak 3D max, Lumion, bahkan Autocad juga bisa digunakan untuk pemodelan 3D, nah yang membedakan si Sketchup ini dibandingkan dengan software lain yaitu keringanan dan kemudahan dari software ini dalam pengoperasiannya jauh lebih baik dari software lain, jadi recomended banget buat laptop atau komputer yang speknya belum termasuk spek - spek bagus.

Selain itu sketcup memiliki fitur 3D warehouse yang memungkinkan pengguna SketchUp mencari model yang dibuat oleh orang lain dan berkontribusi dalam membuat model.

SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup @ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk pada tahun 1999. SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai tujuan umum alat pembuatan konten 3D.

Aplikasi ini memenangkan penghargaan Community Choice Award di sebuah pameran pada tahun 2000.


                                                                            
                                                                            
 Tampilan awal

3. Adobe Photoshop


Software yang satu ini sering dikenal seabgai software editing gambar atau foto, nah biasanya nih, anak - anak arsitektur sehabis ngerender pake sektchup ataupun software lain, ngerapihin gambar hasil rendernya pake software ini.

Biasanya software satu ini digunakan untuk mengatur cahaya, menambahkan awan, manusia, pohon, ataupun obyek - obyek lainnya.

Photshop sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1987 oleh seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan, yaitu Thomas Knoll.

Tampilan Awal



4. Adobe Ilustrator


Selain Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator juga sering digunakan sebagai media desain untuk persentasi kepada klien, tentunya untuk melakukan presentasi kita diharuskan untuk membuatnya semenarik mungkin, nah dengan menggunakan software satu ini, kita bisa menambahkan / menggabungkan gambar hasil render ataupun gambar - gambar 2D seperti denah, tampak, potongan
dalam satu poster, toolsnya sendiri relative mudah.

Software yang identik dengan vector nya ini, biasanya digunakan untuk mengatur layout poster yang akan dihasilkan seorang arsitek.






Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar