About Me

header ads

Apa itu Arsitektur ??, penjelasan, prospek kerja

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Apa itu Arsitektur ??

Menurut KBBI :
  1. Seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, dan sebagainya.
  2. Metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan
Menurut Wikipedia :
Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengimajinasikan diri dan ilmu mereka dalam merancang bangunan.
Menurut beberapa ahli :
  1. Marcus Pollio Vitrovius (De Architecture) Arsitketur adalah sebuah kekuatan/kekokohan (virmitas), keindahan/estetika (venusitas), dan fungsi (utilitas). Selain itu, arsitektur juga merupakan ilmu yang timbul dari ilmu – ilmu lainnya dan dilengkapi dengan proses belajar. Salah satu cabang ilmu yang dipelajari untuk menelaah arsitektur adalah ilmu filsafat, terutama rasionalisme, empirisme, fenomenologi strukturalisma, post-strukturalisme, dan dekonstruktivisme.
  2. Francis DK ching Arsitektur merupakan kegiatan menyusun suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, kiat, dan fungsi.
  3. Y.B. Mangunwijaya Arsitketur seabgai vastuvidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastuwisdya mencakup ilmu tata bumi, tata Gedung, dan tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kana). Mangunwijaya juga menafsirkan arsitketur sebagai penciptaan suasana, perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harga. Sebab, fari bahan – bahan sederhana pun bisa memberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan maupun kepongahan (1988:348).
  4. Van Romondt Arsitketur adalah ruang lokasi / tempat manusia hidup dengan bahasiga. Ruang merujuk pada seluruh ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia atupun ruang yang terjadi secara alami, seperti goa, pohon, dsb.

Lalu apa sih bedanya dengan Teknik Sipil??



Mungkin masih banyak yang bertanya demikian, tapi sudah jelas antara dua program studi ini terdapat perbedaan, meskipun sama – sama berkecimpung dalam hal bangunan tetapi terdapat perbedaan jelas antara keduanya.

Untuk arsitketur, seperti beberapa penjelasan diatas, bisa disimpulkan kalau arsitektur merupakan cabang ilmu yang mempelajari/merancang DESAIN  bangunan, jembatan, konstruksi dll, arsitektur juga mempelajari ilmu struktur dan konstruksi namun tidak sedalam Teknik sipil, untuk arsitektur lebih mengutamakan keindahan, fungsi, dan peletakkan peletakkan sebuah ruang atau bangunan yang kedepannya akan membuat pemakai / penghuni merasa bahagia.

Sementara Teknik sipil lebih mengutamakan kekokohan dan kekuatan sebuah bangunan, dalam program studi ini biasanya akan diajarkan untuk menerapkan prinsip – prinsip ilmu pengetahuan dan matematika untuk perencanaan, konstruksi, dan pemeliharaan fasilitas. Jadi dengan kata lain dalam Teknik sipil kita akan belajar MENGHITUNG kekuatan – kekuatan pada sebuah bangunan.

Prospek Kerja yang sesuai :
  1. Arsitek 
    Sudah jelas tujuan utama dari ilmu arstektur adalah mengarahkan si penimba ilmu untuk menjadi seorang arsitek.

  1. Drafter 
    Dalam profesi ini kalian akan bertugas sebagai penyusun gambar kerja dari sketsa dasar seorang Arsitek.


  1. Dosen / guru Arsitektur
    Buat yang ngerasa punya passion dalam ngajarin orang lain, ataupun ingin ilmunya bermanfaat bagi orang lain, profesi ini sangat cocok untuk kamu, ditambah lagi kebutuhan dosen – dosen muda saat ini lumayan banyak, kalua untuk jadi guru mungkin bisa mencobanya di SMK yang ada jurusan Gambar bangunannya.

Prosek Kerja yang bisa jadi pilihan :
  1. Fotographer arsitektur
    Jika kamu mengira dalam program studi arsitektur hanya di ajarkan menggambar maka kamu salah, ada juga beberapa kampus yang memiliki mata pelajaran fotograhper, meskipun yang jadi obyek tidak bebas, namun dalam mata pelajaran ini kita akan diajari dalam memilih angle dalam pengambilan gambar


https://id.pinterest.com/pin/351984527123639228/
  1. Web content 
    Dalam arsitektur juga tidak lepas dari presentasi, baik presentasi secara tertulis ataupun secara langsung, jika secara tertulis biasanya akan disuruh membuat laporan/resume yang menarik, nah untuk membuat laporan, tentunya kita dilatih untuk menyusun kata – kata sedimikan rupa dan sesuai dengan subjek atau mata pelajaran yang sedang kita susun tersebut, jika hal itu dilakukan terus menerus, dengan bermodal ilmuyang telah kita miliki, kita bisa membuat artikel/content web kita sendiri.

https://id.pinterest.com/pin/52706258124722260/
  1. Desain Grafis 
    Kemahiran dalam mengolah software seperti autocad, sketchup, photoshop, adobe illustrator dll, tetunya sudah merupakan hal wajib dikuasai seorang arsitek agar proyek yang ia miliki membuat orang – orang tertarik.

pinterest.com
  1. Video Creator
    Dalam salah satu mata pelajaran arsitektur, ada yang mengharuskan kita memiliki skill editing video, adapun obyek ataupun konten yang akan kita buat adalah kritik ataupun mengapresiasi sebuah bangunan, dalam video tersebut biasanya kita akan mendeskripsikan objek yang sedang kita buat dalam video tersebut, baik itu sejarah, bentuk, material, dll.




Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar