About Me

header ads

Sejarah : Arstitektur Klasik Yunani

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Kali ini saya akan mencoba menulis tentang sejarah arsitektur, peradaban arsitektur pertama kali mulai berkembang pada zaman yunani, peradaban yunani sendiri dimulai dari periode yunani arkais yaitu pada abad ke 8 - sampai abad 6 SM, hingga berakhirnya zaman kuno dan dimulainya Abad pertengahan awal. Yunani kuno tidak diragukan lagi merupakan salah satu peradaban paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. hal ini bisa dilihat dari terciptanya dan berkembangnya berbagai hal penting, seperti demokrasi, alfabet, filsafat, teater, ilmu pasti, bahkan arsitketur.





Latar Belakang Yunani

Peta Yunani Kuno
(id.wikibooks.org)

Perdaban yunani diawali dengan peradaban pulau Kreta. Kreta terletak di selatan Yunani sekaligus menjadi pulau terbesar di Yunani. Kebudayaan pulau ini sering disebut kebudayaan Minoa. Peradaban Pulau ini muncul sekitar tahun 3000-1400 SM. Letak Pulaunya sangat strategis yakni di tengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani dan Mesopotamia. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Kreta untuk hidup dari sektor pelayaran dan perdagangan.

Kegiatan pelayaran dan perdagangan telah menyebabkan tingkat kemakmuran yang tinggi bagi masyarakat Pulau Kreta. Kota-kota pusat perdagangan seperti Knossos dan Phaestos telah tertata dengan baik.

Istana Knossos di Mikonos


Lalu kebudayaan Kreta ini hancur akibat suatu bencana ledakan gunung api yang sangat dasyat dan mengangkat gelombang Tsunami hebat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selain bencana alam, faktor lain yang menghancurkan kebudayaan Kreta adalah adanya invasi bangsa pendatang.

Yunani sendiri memiliki masyarakat multi etnis, diantaranya Athena, Aegea, Myconos, Sparta, Olympia dan Iona. 


Tradisi Filsafat

Sebelum muncul tradisi Filsafat, masyarakat Yunani memiliki kepercayaan terhadap Agama - agama alam terutama dewa langit Zeus. Serta penyembahan kepada ibu agung Aphrodite dan Artemis.

Dari kepercayaan bangsa yunani kuno akan adanya dewa- dewa mereka membangun kuil – kuil pemujaan. Sebagai buktinya banyak peninggalan – peninggalan bangunan Yunani kuno berupa kuil seperti Parthenon dan Erekhtheion.

Parthenon
(britannica.com)

Erekhtheion
(flickr.com)


Kembali ke tradisi filsafat, pada dasarnya tadisi ini terbentuk oleh masayarakat yang inovatif, sensitif terhadap keteraturan ritmik dan yang utama adalah memiliki tradisi berargumentasi logis/ filosofis (akar tradisi ilmiah).
Filsafat sendiri berawal ketika manusia berusaha memahami kedalaman semesta dengan menggunakan perangkat yang melekat pada manusia (hati, perasaan, dan logika) ~ bukan lagi semata keyakinan.

Adapun tiga ahli filsafat besar dari Yunani yang dikenal sampai sekarang yaitu Socrates, Plato, dan Aristoteles mereka merupakan filsafat yang paling berpengaruh dalam tradisi filosofis barat. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat itu. Socrates adalah guru Plato, kemudian Plato mengajari Aristoteles.

Buah pemikiran yang populer dari tiga filsafat itu adalah :

  • Socrates : 
    konsep Dialektika dan Silogisme
  • Plato :
    • Bahwa dunia kasat mata tidaklah abadi.
    • Ada dunia eksistensial ideal konseptual yang tidak terjelaskan indera, yang pemanen dan sempurna, dan bebas dari konsep waktu
  • Aristoteles :
    Kebenaran itu relatif dan sangat tergantung oleh konteks dan kehalusan perasaan.
Arsitektur

Dari segi arsitektur bangunan Yunani memiliki ciri khas atap segitiga, pilar yang besar, keserasian bentuk, dan bentukan - bentukan yang simetri yang memunculkan keseimbangan (ritme, penekanan/ stress).

Adapun yang membedakan tiap bangunan bisa dilihat dari bentukan pilarnya :

  1. Doric

    Doric entablature and column
    from A. Rosengarten, A Handbook of Architectural Styles, NY, 1898


    Doric Temple (Temple of Theseus, Athens),
    from A. Rosengarten, A Handbook of Architectural Styles, NY, 1898

    Doric: Custom House, New York, 1834. Ithiel Town.
    http://www.bc.edu/bc_org/

  2. Ionic

    Ionic Entablature and Column
    from A. Rosengarten, A Handbook of Architectural Styles, NY, 1898

    Ionic: University of Virginia, Pavilion detail, Charlottesville, VA, 1819-26. Thomas Jefferson. http://www.bc.edu/bc_org/

    Ionic Capital and column
    from A. Rosengarten, A Handbook of Architectural Styles, NY, 1898
  3. Corinthian


    Corinthian Entablature
    from A. Rosengarten, A Handbook of Architectural Styles, NY, 1898


    Corinthian: Russell House (Honors College),
     Middletown, CT, 1834. Ithiel Town & A.J. Davis.
    http://www.bc.edu/bc_org/



    Golden Ratio

    Dalam arsitektur Yunani terdapat  istilah Rasio Harmonis atau biasa juga di sebut dengan Rasio Emas, lalu apa sih Rasio Harmonis / Emas itu??

    Rasio Emas adalah rasio matematis, yang biasanya terdapat di alam, rasio ini jika digunakan dalam desain akan menghasilkan komposisi yang harmonis, organik, dan tampilan alami yang memanjakan mata.

    Dalam desain sendiri anda dapat menerapkan rasio emas, yang meliputi layout, spasi, konten, gambar, dan bentuk dari desainnya.

    Adapun beberapa rasio - rasio harmonis bisa dilihat di bawah ini :

    Rasio - Rasio Harmonis

    Sebagai contoh beberapa bangunan yang memakai rasio emas adalah : Piramid di Giza, Parthenon di Athena dll.

    Floorplan of the Parthenon. Athens, Greece
    http://www.geom.uiuc.edu/~demo5337/s97b/art.htm


    The Golden Ratio in Parthenon. Athens, Greece
    http://www.math.vt.edu/people/gao/math/godensection/


    Adapun dari gambar - gambar diatas, bisa dilihat terdapat kesamaan yaitu kesamaan secara keteraturan geometris, dan dari konsep rasio emas ini  didapatkan kepuasan secara visual melalui proporsi dan disposisi yang dikoresi dengan keterampilan dan ketepatan matematis.

    Konsep Kota Yunani : POLIS

    Geograpfi dan iklim : Topologi yang bergunung menyebabkan munculnya konsep “polis”, atau city state, atau secara sederhananya adalah sebuah wilayah yang dikelola secara eksklusif oleh suatu kota. Sebagai contohnya adalah negara-kota Yunani Kuno (misalnya Athena, Sparta, dan Korinthia). Sementara untuk zaman sekarang kota - kota yang agak mirip dengan kedaulatan Polis adalah Singapura, Kota Vatican, dan Monaco.

    Oh iya kekayaan batu kapur yang berada di Yunani menyebabkan bangunan - bangunan yang didesain banyak menggunakan material batu.




Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar