About Me

header ads

Arsitektur Vernakular

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Apa itu Arsitketur Vernakular ??



Menurut beberapa Ahli 

  • Dell Upton 
    Menurut Dell Upton, bangunan vernakular adalah bangunan biasa. Definisi yang disampaikan Upton mengandung arti, dalam menghubungkan / menggambarkan arsitektur vernakular sebagai studi arsitektur yang polos, dengan kasta rendah, dengan biaya rendah , atau yang dibangun oleh kelompok tradisional yang menggunakan budaya setempat yang abadi dan tidak berubah . (Paul Groth , 2000. Making New Connection in Vernacular Architecture: Journal of the society of Architectural History 1999/2000).
  • Amos Rapoport

    Menurut Amos dalam buku House Form and Culture, Arsitektur vernakular adalah suatu karya 
    arsitektur yang tumbuh dari arsitektur rakyat dengan segala macam tradisi dan mengoptimalkan atau memanfaatkan potensi potensi lokal. Misalnya material, teknologi, pengetahuan, dsb. (Rapoport, A.A.(1969). House Form and Culture . Prentice Hall International.).


Kesimpulannya Arsitketur vernakular merupakan arsitektur yang dirancang untuk kebutuhan dari masyarakat sekitarnya, menggunakan bahan dan sumber daya juga dari sekitarnya.

Penggunaan bahan alami bambu


Dalam vernakular sendiri terdapat aspek penting dan saling tergantung, salah satunya merupakan bahasa daerah. Suatu "bahasa daerah" adalah bersifat lokal, bersama, dan keseharian. Persyaratan tersebut menyatakan bahwa arsitektur vernakular sesuai dengan kebutuhan lokal, karenanya
hampir semua kasus bangunan vernakular adalah mewujudkan masalah lokalitas.

Arsitektur vernakular biasanya sangat mengoptimalkan potensi dan budaya lokal, karena itu bangunan yang berkonsep vernakular biasanya sangat mempertimbangkan kelestarian lingkungan sehingga bersifat sustainable architecture. Arsitektur vernakular sendiri ditemukan secara trial and error oleh masyarakat itu sendiri.


Pembangunan dilakukan secara bersama


Bangunan vernakular biasanya di produksi oleh individu atau bisa juga kelompok untuk kebutuhan sendiri atau bersama dan biasanya masih menggunakan atau menerapkan aturan - aturan tradisi lokal.

Terus apa bedanya dengan Arsitektur Tradisional??

Secara gampangnya si, untuk Arsitektur Vernakular seperti yang dijelaskan diatas tadi, kurang lebih merupakan arsitketur yang dirancang untuk kebutuhan masyarakatnya dan menggunakan sumber daya alam dari sektitarnya, tetapi untuk pembuatan denah, penggunaan material, dll nya, meskipun mengikuti aturan sekitar, namun masih bisa di custom dengan pengetahuan modern

Terus untuk bangunan Tradisional, lebih bersifat mengikat dengan aturan - aturan yang berlaku, semisalnya, didalam bangunan mewajibkan untuk menaruh kepala kerbau, maka hal itu harus diterapkan.

Karakteristik menurut Amos Rapoport

Amos Rapoport membagi karakteristik arsitektur vernakular menjadi 2 ( yaitu:


  1. Elemen karakteristik proses pembentukan arsitektur vernakular berhubungan dengan lingkungan yang terbentuk, seperti:

    •  identitas perancang atau desainer. Dalam lingkungan vernakular perancang adalah pemakai.

    • Maksud dan tujuan perancang. Dalam tradisi lingkungan vernakular, penggunaan kesenangan dan identitas kelompok adalah hal yang pokok.

    • Derajat anonimitas perancang. Perancang sebagian besar tidak dikenal pada lingkungan primitif.

  2. Model dengan variasi . Merupakan model yang khas dari lingkungan primitif, diikuti kemudian oleh vernakular dan keasliannya cenderung menjadi tujuan akhir.

    • Keberadaan model tunggal pada lingkungan vernakular sangat tinggi.

    • Sikap dasar skema dipikirkan terlebih dahulu sebelum dibangun.

    • Konsistensi pada bangunan model bangunan tunggal.
    Rapoport, A. (1969). House Form and Culture . Prentice Hall International.
Tipologi Arsitektur Vernakular

Salah satu rumah pohon di Papua


Bangunan vernakular bisa dikelompokkan berdasarkan tipologi dengan mengindentifikasi berdasarkan :

  • Kesamaan Formal
  • Penggunaan bahan terkait atau teknik konstruksi
  • Fungsi setara
  • Interaksi sosial atau Ekonomi antara penghuni




Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar