About Me

header ads

Bekerja lebih efisien dengan vray proxy

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Hallo semua, kali ini saya akan menuliskan salah satu trik yang membuat pekerjaan kita menjadi lebih efisien, baik dari segi waktu ataupun dari segi kecepatan file nya sendiri. Vray proxy berfungsi sebagai tools yang memungkinkan untuk mengimpor geometri dari data eksternal yang muncul hanya pada saat proses rendering, hal itu akan membuat tampak dari benda 3D yang kita import hanya berupa geometri saja, namun saat kita merender wujud benda tersebut akan berubah sesuai dengan settingan kita, sehingga membuat file sketchup kita jauh lebih ringan.

Keuntungan dari menggunakan vray proxy ?
  1. Lebih efisien dalam bekerja
  2. Lebih banyak object render yang bisa dilakukan
  3. Lebih ringan dari ukuran file biasa

Lalu gimana cara export file biasa jadi file proxy ?

  1. Siapkan file atau gambar yang nantinya akan dijadikan proxy, untuk file yang saya siapkan ini ukuran awalnya sekitar 23 mb.
  2. Setelah file dibuka, jadikan gambar dalam satu grup / component.


  3. Klik logo export proxy seperti gambar dibawah ini.


  4. Maka akan muncul windows Export Proxy



    pada pilihan file path itu merupakan lokasi tempat kita menyimpan proxy kita, saya sarankan untuk menyimpannya dalam satu folder atau paling tidak berada dalam subfolder dari gambar utama yang dijadikan proxy.

    Lalu pada opsi preview Type untuk Refined Clustering ketepatan geometrinya merupakan yang terbaik diantara 3 pilihan yang tersedia, namun untuk kecepatan merupakan yang paling lambat diantara ketiga pilihan. Lalu untuk pilihan Vertex Clustering ketepatan geometrinya agak lebih rendah jika dibandingkan dengan Refined Clustering, namun untuk kecepatan agak lebih cepat, ya bisa dibilang untuk Vertex Clustering ini merupakan bagian yang medium lah. Terakhir Face Skipping yang merupakan yang tercepat dalam prosesnya namun untuk ketepatan geometri yang paling rendah dibandingkan ke tiganya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


    Kemudian pada opsi Faces in Preview ini berfungsi untuk menunjukkan seberapa banyak garis geometri yang ditampilkan pada proxy kita, saya pribadi lebih memilih untuk settignan default dengan angka 10.000, bisa dilihat perbandingan antara 10.000 dan 1000 dibawah ini.



    Pada opsi Overwrite Existing Files, jika kita buat jadi enable, maka Vray akan otomatis menimpa file vrmesh yang ada.

    Terakhir opsi Replace Object with Proxy, jika buat jd disable atau mematikan opsi ini, maka hanya akan file vrmesh yang dibuat, namun jika pada opsi ini kamu memilih enable atau menghidupkan opsi ini, maka secara otomatis object yang tadinya blm menjadi proxy akan berubah menjadi bentuk proxy.
  5. Export gambarnya dan tunggu hasilnya.

Jika udah jadi, coba kamu buka Vray Asset Editor, lalu lihat terdapat material baru yang muncul, material itu merupakan gabungan dari material-material yang digunakan objek 3D yang sebelumnya belum menjadi proxy, nah karena obyek tersebut telah berubah menjadi proxy maka materialnya pun gabung atau sering disebut juga dengan multi material. Saya sarankan untuk menyimpan multi material ini karena akan digunakan dalam proses import proxy nantinya.





Menyimpan multi material



Lalu jika kamu buka pada bagian geometri, lalu jika kamu klik ke bagian kanan panah untuk setting lebih lanjut, maka akan ada dua opsi yaitu Parameters dan Animation. Pada opsi Parameters terdapat 2 opsi lagi, pertama File yang berfungsi untuk memilih lokasi dari proxy kita atau mengganti proxy kita, lalu Preview Type yang berfungsi sebagai bentuk bagaimana kita melihat proxy kita di layar utama, bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Kemudian untuk opsi Animation itu berfungsi untuk menyesetting proxy dalam bentukkan animasi.


Kemudian untuk importnya gimana ?

Oke, untuk import sebenarnya ada tiga cara, cara pertama adalah dengan copy paste, gimana cara copy paste nya?, mudah kok.
  1. Kamu buka lagi file proxy yang udah dibuat tadi
  2. Lalu klik object nya, kemudian tekan Ctrl+c
  3. Lalu pindah ke file dimana kita ingin meletakkan proxy tadi, dan tekan Ctrl+v
Untuk cara kedua dengan menggunakan pilihan Import proxy pada toolbars Vray proxy, caranya ?
  1. Buka file baru
  2. Klik icon Import proxy seperti gambar dibawah ini.


  3. Pilih proxy yang kita buat tadi atau yang kamu download.


  4. Letakkan pada gambar yang kita inginkan.
  5. Coba render, biasanya hasil rendernya kurang baik atau tidak sesuai dengan material yang kita setting seperti gambar dibawah.


  6. Cara mengatasinya dengan buka asset editor lalu pilih import Asset Files seperti contoh gambar dibawah, dan pilih material (multi material) yang sebelumnya kita save dari file original.


  7. Klik kanan pada multi material yang original dan pilih Use as Replacement.


  8. Klik kanan pada multi material yang baru dan pilih replace. Jika cara ini tidak berhasil kamu bisa mengubah materialnya secara manual seperti contoh dibawah ini.



Cara ke tiga adalah dengan Import / tarik, caranya?

  1. Save as file proxy
  2. Lalu tarik filenya ke file yang mau kita letakkan.



  3. Atau pilih file lalu pilih import

  4. Kemudian pilih file proxy nya.
Sekian tips dari saya, jika ada yang salah pada postingan ini, atau ingin bertanya, serta memberikan saran dan kritik silahkan komen pada kolom komentar.


Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar