About Me

header ads

Cara menggunakan HDRI dengan Dome Light Vray

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Oke, sebelum ke pembahasan kita sebaiknya tahu dulu apa itu HDRI dan untuk apa kegunaannya, HDRI (High Dynamic Range Image) merupakan sebuah gambar panorama yang menyimpan informasi dari suatu keadaan / suasana yang nantinya akan digunakan sebagai background dari gambar rendering kita.

Jika kalian tidak ingin menggunakan HDRI sebagai background, maka Vray akan otomatis merender menggunakan default background yang dimiliki Vray sendiri, untuk perbandingan gambar antara memakai HDRI dan tidak bisa dilihat dibawah ini.


Bisa dilihat untuk yang menggunakan HDRI terdapat background atau suasana dari gambar yang kita inginkan, namun hasilnya masih terlalu gelap dan ada gambar yang terpotong di bawahnya, sehingga membuat gambar kita kurang maksimal.

Bagaimana cara menggunakan HDRI?

  1. Tentunya harus download file HDRI dulu, kamu bisa download di hdriheaven.com atau situs download HDRI gratis lainnya.
  2. Klik dome light pada bagian vray lamp collection.


  3. Letakkan Dome light tersebut di area gambar kita, kamu besarkan Dome Lightnya sehingga keliatan tanda panah, tanda panah itu berfungsi sebagai arah matahari datang dari HDRI nya, yang mana akan berguna saat kamu ingin memainkan bayangan pada gambarmu.


  4. Masuk ke menu Vray Asset Editor.


  5. Pilih logo lampu, dan edit Dome Lightnya dari sini.
  6. Selanjutnya pada bagian Dome Light, terdapat kolom parameters kemudian dibawahnya terdapat opsi colo/Texture HDR, nah diujung yang ada icon kotak biru dan hitam seperti papan catur itu, kamu klik untuk mengakses HDRI yang telah kamu download.


  7. Setalah itu klik pada icon folder yang terdapat diujung opsi file.


  8. Lalu pilih HDRI yang telah kamu download tadi.


  9. Test render.


Nah pada gambar test diatas hasilnya masih terlalu gelap dan ada bagian yang terpotong sehingga membuat gambar kita menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya pertama klik lagi asset editor pada dome light, lalu naikkan nilai dari Intensity untuk membuat HDRI jadi lebih cerah, kemudian ubah Hemisphere jadi Sphere pada opsi Shape agar HDRI yang kita inginkan menjadi full pada layarnya. Untuk lebih jelas bisa klik gambar dibawah ini



Perlu diketahui Intensity juga berguna untuk membuat gambar yang kita render menjadi gambar dengan suasana malam, yaitu dengan menurunkan nilainya, sehinga membuat gambar yang kita buat menjadi lebih gelap, lalu selain dengan menurunkan Intensity sebaiknya juga kamu telah menambahkan beberapa titik lampu guna membuat penerangan pada suasana malam hari yang tentunya akan membuat gambar tampak lebih bagus lagi.

Demikian tutorial yang bisa saya berikan untuk sementara ini, jika ada kesalahan dalam tutorial diatas ataupun ingin bertanya, serta memberikan kritik dan saran silahkan komen dibawah.


Terima kasih,Semoga Bermanfaat

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Posting Komentar

0 Komentar